Artikel Guru Bahasa Indonesia MTsN 7 Aceh Utara

Pendidikan bahasa Indonesia merupakan salah satu aspek penting yang perlu diajarkan kepada para siswa di sekolah dan Madrasah. Mata pelajaran bahasa Indonesia ini diajarkan dengan tujuan kita akan memiliki keterampilan dan kemahiran dalam berbahasa Indonesia. Guru bahasa Indonesia memegang peranan penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia, karena guru bahasa Indonesia di sini merupakan tokoh sentral dalam pengajaran.

Seperti yang dikemukakan oleh Harras (1994) guru merupakan faktor determinan penyebab rendahnya mutu pendidikan di suatu sekolah/madrasah. Perlu kita sadari hal ini mungkin terjadi karena kurangnya kemampuan guru bahasa Indonesia dalam memahami tujuan pengajaran, kemampuan mengembangkan program pengajaran, dan belum mampu menyelenggarakan pembelajaran yang aktif. Dalam hal ini kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan guru bahasa Indonesia, karena hal ini bisa juga disebabkan kurangnya fasilitas atau sarana buku pegangan yang implementatif bagi guru dalam pengajaran.

Mengingat bahasa dan sastra Indonesia itu beerkembang mengikuti perkembang zaman, maka sebaiknya buku atau sarana belajar yang dipergunakan siswa, dan guru khususnya haruslah sesuai dengan perkembangan tersebut. Semua orang menuntut guru untuk bekerja maksimal,.semua juga berprinsip itu harus dimulai dari guru sebagai tenaga pengajar. Prinsip ini salah, sebab murid juga dituntut kemauannya dalam belajar. Maka dari itu guru bahasa Indonesia sebaiknya benar-benar guru yang terdidik dan mampu mendidik siswa dengan baik. Niscaya pembelajaran yang aktif dan sukses akan tercapai. Kami Beruntung memiliki rekan tim guru bahasa Indonesia, bertiga di madrasah, yaitu Ibu Ummi Salamah, S.Pd, dan Ibu Saidah Nafisah, S.Pd.I dan alhamdulillah selalu saling membantu sesama tim guru.

Sekian

Oleh : Mariani, S.Pd (Guru Bahasa Indonesia di MTsN 7 Aceh Utara)