Sebuah Sekolah/Madrasah di Kecamatan Nibong yang berdekatan dengan Cluster II Aceh Production PGE yaitu MTsN 7 Aceh Utara, Terpilih menjadi salah satu Sekolah/Madrasah Adiwiyata di Kabupaten Aceh Utara yang akan terus berbenah & bersaing

Nibong, 23 Januari 2023 – (UES).

Kata Adiwiyata berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu dari kata ‘Adi’ yang berarti besar, agung, baik, ideal. Sedangkan kata ‘Wiyata’ berarti suatu tempat bagi seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma, dan etika.

Adiwiyata juga dapat diartikan sebagai tempat yang baik dan ideal bagi seseorang untuk mendapatkan segala ilmu pengetahuan serta berbagai etika. Ilmu ini bisa menjadi dasar manusia bertujuan menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Adiwiyata merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dengan dibentuknya Program Sekolah/Madrasah Adiwiyata, diharapkan setiap warga sekolah/madrasah turut andil dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat supaya terhindar dari dampak lingkungan yang negatif.

Tujuan digelarnya Program Adiwiyata adalah untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah/madrasah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah/madrasah. Sehingga dikemudian hari warga sekolah/madrasah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi SD/MIN, SMP/MTs dan SMA/MA di Indonesia.

Bapak Kepala MTsN 7 Aceh Utara, (Dahlan, S.Ag) sejak Januari 2023, telah menyambut positif kehadiran Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kab. Aceh Utara, yaitu Bapak Samsul Rizal, untuk terus membimbing dan membina MTsN 7 Aceh Utara, untuk menjadi salah satu Binaaan Sekolah/Madrasah Adiwiyata dalam Kab. Aceh Utara.

Sementara itu Wakamad Sapras MTsN 7 Aceh Utara, yaitu Bapak Fakhrurrazi, S.Pd, mendukung penuh semangat untuk merealisasikan semua peralatan dan fasilitas yang akan dibutuhkan, apalagi Madrasah kita berada di lingkungan berdekatan dengan Proyek Vital Aceh Production dan salah satu sekolah/madrasah binaan perusahaan tersebut.

Alhamdulillah dengan kekompakan bersama dewan guru, bersama Ka. TU, Ka. Pustaka dan staf yang dimotori semangat oleh Wakamad Kesiswaan MTsN 7 Aceh Utara, Ustadz Edi Saputra, S.Pd.I, Program ini akan terus kita laksanakan dan jalankan, semoga kedepannya akan lebih baik lagi, dan MTsN 7 Aceh Utara akan menjadi panutan kepada Warga sekitar agar menjadi sebuah madrasah pilihan warga Nibong. Bahkan sudah ramai juga peserta didik dari Kecamatan Meurah Mulia, Geudong, Tanah Luas dan Syamtalira Aron.

Manfaat & Program Adiwiyata

  1. Merubah perilaku warga sekolah/madrash untuk melalukan budaya pelestarian
    lingkungan.
  2. Meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan operasional sekolah/madrasah.
  3. Meningkatkan penghematan melaui pengurangan sumber daya dan energi.
  4. Meningkatkan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif
    bagi semua warga sekolah/madrasah.
  5. Menciptakan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah/madrasah.
  6. Dapat menghindari berbagai resiko dampak lingkungan di wilayah
    sekolah/madrasah.
  7. Menjadi tempat pembelajaran bagi generasi muda tentang pemeliharaan
    dan pengelola lingkungan hidup yang baik, dan benar

Do’a dan Harapan Kami Keluarga Besar MTsN 7 Aceh Utara, semoga perhatian dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kab. Aceh Utara dan Perusahaan Vital Cluster II Aceh Production PGE terus membina kami MTsN 7 Aceh Utara agar berkelanjutan dan kami bisa menjadi Madrasah Adiwiyata yang berkesinambungan dan akan berkelanjutan. (UES)