Apa Itu Aplikasi Rapor Digital Madrasah Hosting? Ini Penjelasan KakanKemenang Kab. Aceh Utara

Beberapa hari ini beredar kabar adanya Aplikasi Rapor Digital Hosting (ARD Hosting) yang dulunya menggunakan VDI namun untuk saat ini Madrasah Se-Aceh Utara 90 % telah menggunakan ARD Hosting, dan sudah disosialisasikan ke seluruh madrasah di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Utara, Bapak H. Salamina, MA diwakili oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara, (Bapak Drs. H. Hamdani A. Jalil, M.Pd , Selasa (16/06/2020) mengatakan, Aplikasi Rapor Digital Madrasah atau disingkat ARD Madrasah Berhosting.

Ini dilakukan agar memudahkan seluruh Guru Madrasah dan Wali Kelas dalam pengisian Nilai ARD dengan mudah secara online, mengingat keadaan dunia termasuk Indonesia, sedang dilanda Covid-19 dan PBM dilaksanakan secara Daring / online, memanfaatkan Aplikasi E-Learning Madrasah.

ARD Madrasah , Aplikasi ini terkait dengan penilaian hasil belajar dan diberlakukan bagi jenjang madrasah mulai dari Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah, bahkan untuk RA telah disiapkan ARDIRA.

Ardira atau Aplikasi Raport Digital Raudlatul Athfal merupakan Aplikasi Raport bagi satuan pendidikan tingkat RA.

Raudatul athfal (disingkat RA) merupakan jenjang pendidikan anak usia dini (yakni usia 6 tahun atau di bawahnya) dalam bentuk pendidikan formal, di bawah pengelolaan Kementerian Agama.

Drs. H. Hamdani A.Jalil, M.Pd, juga mengatakan ARD Madrasah ini sudah disosialisasikan dan terdapat di Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 1594/DJ.I/DT.II.I/KS.00/10/2018 tentang Penggunaan Aplikasi Rapor Digital (ARD).

“Surat tertanggal 29 Oktober 2018 ini menyebutkan bahwa ARD Madrasah telah diberlakukan bagi madrasah negeri dan swasta di seluruh Indonesia, mulai semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 ” katanya.”

ARD Madrasah merupakan salah satu implementasi dari Juknis Penilaian Hasil Belajarpada MI (SK Dirjen Pendis Nomor 5161 Tahun 2018), MTs (SK Dirjen Pendis Nomor 5162 Tahun 2018), dan MA (SK Dirjen Pendis Nomor 3751 Tahun 2018).

Dalam surat edaran Dirjen Pendis tersebut dinyatakan beberapa hal diantaranya adalah:

ARD Madrasah diterapkan mulai semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 Kanwil Kemenag Provinsi untuk melakukan sosialisasi kepada Kemenag Kabupaten/Kota dan madrasah di wilayahnya.

Aplikasi Rapor Digital Madrasah dapat diakses langsung melalui 3 (tiga) alamat hosting yang telah disewakan bersama dengan Madrasah Aceh Utara, dengan alamat http://kemenagacut.web.id , http://kemenagacut.my.id dan http://madrasahacut.my.id , dengan menambahkan subdomain didepan alamat tersebut, seperti :

http://ardman5.kemenagacut.my.id

http://ardmin26.kemenagacut.web.id , http://ardmtssassalamah.madrasahacut.my.id

dan ada 180 Sub domain lainnya yang tidak mungkin kami sebutkan satu persatu.

Bahkan ada beberapa Madrasah di Aceh Utara, yang sudah memiliki Hosting Mandiri untuk Website, Ard, PPDB, dan elearning juga aplikasi elearning untuk Pengawas Madrasah untuk memonitoring kinerja Guru dan lainnya di Madrasah

Setiap madrasah akan mendapat Username dan Pasword dari Tim Teknis Kanwil Kemenag Provinsi Aceh selanjutnya akan disampaikan ke Madrasah Aceh Utara, melalui Helpdesk ARD Madrasah Aceh Utara Bapak Edi Saputra, S.Pd.I (Guru MTsN 7 Aceh Utara), dan Bapak Asnawi, S.Pd.I (Guru MTsN 10 Aceh Utara) yang selalu siap membantu Seluruh Operator ARD Madrasah Se-Aceh Utara beserta dengan para HD dan operator Madrasah lainnya.

Bila mengalami kendala penggunaan ARD Madrasah dapat menghubungi Tim Teknis /Instruktur dan Helpdesk ARD Madrasah yang telah ditunjuk oleh Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara.

Drs. H. Hamdani A.Jalil, M.Pd melanjutkan, dalam pelaksanaannya, akun ARD Madrasah akan terbagi menjadi dua, yaitu akun operator madrasah dan akun masing-masing guru dan bagi Madrasah yang belum menggunakan ARD Hosting silahkan tetap menggunakan ARD VDI.

Akun operator madrasah memiliki tugas untuk melakukan konfigurasi terkait dengan data madrasah, mata pelajaran, guru, siswa, dan rombongan belajar.

Konfigurasi terkait guru sekaligus sebagai langkah untuk membuatkan akun guru.

“Sedang akun guru berperan dalam melakukan konfigurasi bobot dan KKM mapel yang diampu, entri nilai harian hingga nilai akhir untuk per siswa dan permapel yang diajarnya. Akun guru dibuatkan oleh operator madrasah masing-masing, dan In Shaa Allah dengan Izin yang Allah Yang Maha Kuasa, dan berkat kerja keras dan kerja cerdas seluruh Madrasah Aceh Utara, Tanggal 20 Juni 2020 ARD dapat dibagikan ke seluruh peserta didik Madrasah Aceh Utara dengan tetap menjalankan standar Covid-19″ tutupnya.” tutupnya.




Penulis : Edi Saputra, S.Pd.I (admin)
Editor : Masnoer (Jurnalis Kantor Kementerian Agama Aceh Utara)